Minggu, 24 Juli 2016

PELATIHAN DODOL MANGKOL ( MANGROVE KO'OL )

Rabu,20/07/2016
Pelatihan ini ada berbagai tahap,pertama pengambilan buah mangrove dilaksanakan pada hari sebelumnya yang bertugas mengambil sebagian kelompok KKN 78 UTM dan yang lainnya bertugas memilih buah yang muda dan yang tua yang selanjutanya  buah mangrove di kupas.Keduaselanjutnya diolah esok harinya bersama warga dan ibu PKK dirumah kepala desa. Dalam proses ini membutuhkan waktu lama sekitar 4 jam an. Ketiga adalah proses pengemasan. Dalam pengemasan ini dibuat semenarik mungkin. Dalam rencana progam kerja KKN 78 UTM kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada setiap 2 kali seminggu. Dalam praktek pelatihan banyak masyarakat yang bertanya dodol ini beracun apa tidak?, para warga ragu akan produk ini. Biasanya buah mangrove ini biasa digunakan oeh masyarakat setempat sebagai mainan waktu kecil.

2 komentar:

  1. Buah pohon mangrove yang sejenis lindur secara tradisional sudah dikonsumsi oleh masyarakat pesisir, namun pemanfaatan mangrove sebagai bahan pangan hanya bersifat insidentil atau dalam keadaan darurat jika terjadi krisis pangan, padahal mestinya tidak demikian, suatu bukti bahwa buah mangrove dari spesies B. gymnorrhiza (lindur) yang secara spesifik telah di olah oleh KKN menjadi sebuah dodol mangrove yg kaya karbohidrat ini sangat bermanfaat untuk jangka panjangnya ke masa yg akan datang, karena buah mangrove jenis lindur dapat dieksplorasi menjadi makanan yg spesial sumber daya lokal mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga bisa membudidayakan mangrove jenis lindur disepanjang garis pantai di pulau garam ini (Madura) khususnya desa Ko’ol.
    Maka dari itu setelah ada pembelajaran pembuatan dodol mangrove ini semoga saya bisa mengajak dan mengkoordinir ibu-ibu desa Ko’ol khususnya ibu-ibu PKK untuk rame-rame membudidayakan buah mengrove menjadi dodol ala mahasiswa/i Trunojoyo Bangkalan Madura.
    Terimakasih kepada KKN’78 Desa Ko’ol

    By.Jumriyah
    Ibu Kades Ko’ol

    BalasHapus
  2. betapa pentingnya mangrove untuk negara kita yang terdiri dari beberapa kepulauan ini, sehingga mangrove selain bisa menyelamatkan lingkungan dengan cara menanam pohonnya di sepanjang bibir pantai, juga bisa menyehatkan manusia dengan mengolah buahnya menjadi makanan yang layak dan enak di konsumsi dengan membuat dodol dari buah mangrove.

    By.Mulyani
    Ibu.Sekdes Ko'ol

    BalasHapus