Jumat, 29 Juli 2016

 Desa Ko’ol Berlatih Pepasida ( pestisida herbal daun pepaya )



Pepasida adalah sebuah pestisida herbal yang terbuat dari daun papaya. Pelatihan ini diikuti oleh para kelompok tani dan ibu-ibu PKK desa Ko’ol. Dalam acara ini cukup mendapatkan dukungan positif dari masyarakat desa Ko’ol.
Pelatihan ini dilakukan oleh Tim Kelompok KKN 78 sendiri setelah sebelumnya melakukan survey beberapa kali. Mengapa daun papaya yang digunakan, karena di Ko’ol merupakan salah satu daerah ysng mempunyai banyak daun papaya.
Selain berlatih membuat acara ini juga sekaligus praktek penyemprotan diharapkan masyarakat lebih memahami apa itu pepasida dan bagaimana menggunakannya. Dukungan masyarakat yang lebih penting untuk menyukseskan acara ini sangat diharapkan. alhamdulillah acara ini berjalan lancar dan suskses.

5 komentar:

  1. Solusi bagus yg sangat bermanfaat terhadap pertanian di desa kool, hanya butuh pembiasaan untuk hal-hal yg baru diperkenalkan..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. pepasida yg di ajarkan anak2 kkn di desa Ko'ol ini sangat membantu kami dalam meminimalkan anggaran biaya operasional pemupukan dan perawatan tanaman pertanian kami, semoga juga bisa memaksimalkan hasil panen kami nantinya.. Amin..
    Makasih ya mahasiswa unijoyo kkn 78 di desa Ko'ol.

    Oleh :
    BPD Ko'ol.
    Bpk.Supaiy

    BalasHapus
  3. aamiin.. Smoga saja kita bisa memaksimalkan potensi kita terutama yang berbasih kelokalan. supaya kita bisa maju bersama di dalam kearifan lokal.

    BalasHapus
  4. Berdasarkan beberapa pengertian kearifan lokal yg saya pahami dari berbagai kalangan, yang mana belakangan ini istilah "kearifan lokal" tersebut semakin populer di masyarakat luas khususnya di dunia akademisi, maka dapat saya simpulkan bahwa definisi kearifan lokal secara bebas dapat diartikan sebagai nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam suatu masyarakat.
    Hal ini berarti, untuk mengetahui suatu kearifan lokal di suatu wilayah maka harus bisa memahami nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam wilayah tersebut.
    Kalau mau jujur, sebenarnya nilai-nilai kearifan lokal ini sudah diajarkan secara turun temurun oleh orang tua kita kepada kita selaku anak-anaknya, budaya gotong royong, saling menghormati dan tepa salira merupakan contoh kecil dari kearifan lokal, tapi sayang kita mudah membaca sebuah teori tapi begitu sulit mengaplikasikannya dalam realisasi kehidupan sehari-hari, sehingga dapat di simpulkan bahwa kearifan lokal mudah di mengerti tapi sulit di jalani.
    Maju terus kkn'78, kalian adalah generasi harapan, semoga berhasil dengan sukses.. Amin.

    Oleh.BPD.Ko'ol
    Bpk.Slaman

    BalasHapus
  5. Makasih teman-teman kkn atas ilmu pertanian yang telah di berikan kepada masyarakat Ko'ol, semoga hasil pertanian kami bagus, nanti kalian ikut panen.. insyaAllah..

    By.Abd.Wahid
    Kelompok tani (Poktan) Ko'ol

    BalasHapus