Selasa, 26 Juli 2016

Apa itu Ko'ol.


Kata Ko’ol merupakan arti dari sebuah hewan yang hidup disawah mirip dengan siput. ko'ol adalah sebuah desa yang terletak diutara kabupaten Bangkalan. Desa ini dinamakan Ko’ol karena didesa ini banyak terdapat hewan  siput sawah yang di namakankan oleh masyarakat kool yang hidup di sawah sawah di desa Ko’ol.
Desa Ko’ol merupakan desa paling selatan  Kecamatan Klampis. Desa Ko’ol terdiri dari 3 dusun, yaitu Dusun Ko,ol Timur, Dusun Ko’ol Tengah, Dusun Ko’ol Barat.
Keunikan yang ada didesa Ko’ol ini adalah setiap rumh yang ada berbentuk kelompok rumah dalam satu  halaman. Dan setiap kelompok rumah terdpat mushola seperti adat rumah tanejan lanjang Madura.Setiap kelomok rumah dihuni oleh beberapa kepala keluarga namun masih ada hubungan keluarga. Adat nin yang masih kental di desa Ko’ol ini.
Keadaan masyarakat yang masih memegang budaya religi juga Nampak terlihat di desa ini.Terbukti di setiap dusun pasti terdapat yayasan Madrasah Diniyah. Jadi selain pendididkan Formal yang digalakkan didesa ini, pendidikan agama juga sangat diperhatikan oleh para oran g tua.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. "Ko'ol Lupa Sejarah"
    Di desa ko'ol ini tertinggal sejarah yg tidak terjamah,
    walau hampir setiap hari selalu ada orang yg merambah,
    tapi sayang tak di jadikan tempat sejarah oleh pemerintah,
    atau pantai wisata karna sebetulnya memang lumayan indah,
    tepatnya di ujung pelabuhan magessing dan jalan steger yg terbelah.

    "Ujung" sebutannya karna letaknya di ujung yaitu pinggir laut perbatasan desa ko'ol dan desa tolbuk.

    "Magessing" berasal dari kata "magazine" yg artinya adalah majalah, yg berarti di situ dulu di samping pusat pangkalan militer Belanda sekaligus pusat media cetak yg menginformasikan berita2 ke para penghuninya terkait aktivitas pemerintahan kolonial belanda dan berita dunia lainnya yg korannya menggunakan bahasa2 campuran antara bahasa belanda dan bahasa inggris, jadilah skrg pantai magesing.

    "Steiger" adalah sebuah kontraktor yg paling terkenal mulai dari jauh sebelum perang dunia kedua yg sangat ahli dlm pembangunan dan pengaspalan/pembetonan jalan, dengan nama lengkap perusahaan konstruksi tersebut :
    "S.I.W. Steiger Isolatie Werk B.V."
    yang kantor perusahaannya ada di mana2 waktu itu termasuk Belanda tepatnya di
    "Pauwstraat 15 Numansdorp, Zuid-Holland, 3281 RN The Netherlands",
    Perusahaan kontraktor steiger itulah yg membangun gedung dan beton jalan jaman dahulu di pantai kool-tolbuk itu sehingga skrg di beri nama jalan Steger.
    Tapi waktu jaman segitu bertepatan juga dengan nama Rod Steiger aktor Hollywood yg begitu populer pada masanya dgn nama lengkap :
    Rodney Stephen "Rod" Steiger (lahir 14 April 1925 – meninggal 9 Juli 2002 pada umur 77 tahun)
    Steiger berasal dari Amerika Serikat, disebut sebagai "salah satu bintang Hollywood yang paling karismatik dan dinamis",
    ia berhubungan erat dengan seni metode akting, selalu berusaha mewujudkan karakter yang ia mainkan, dan kadang-kadang menyebabkan bentrokan dengan sutradara dan lawan mainnya dalam film. Ia berperan sebagai adik mafia Marlon Brando, yg bernama Charlie di film "On the Waterfront".
    Jadi orang ko'ol dn tolbuk jaman terdahulu bisa jadi udah mengenal nama bintang film Hollywood yg ternama itu pada jamannya,
    Jadi orang jaman dulu itu juga gaul banget bukan..??
    Tapi sebagai penutup saya minta maaf karna semua itu hanyalah mungkin.. oleh sebab sudah tak ada saksi hidup yg mengetahui sejarahnya itu, mungkin karna pesan Ir.Soekarno tidak nyampek ke telinga pelaku sejarah "Jas Merah" jangan sekali-kali melupakan sejarah..!!!
    Terimakasih..

    By.Muchlis Makki

    BalasHapus
  3. Kai man Tini, kai man Denar, kai man Mayyeh, kai Samod kai man Amsan dll. sudah meninggal semua pejuang2 desa kita yg samasekali jasanya nyaris tak ada yg mau mengenang..
    maka dari itu saya himbau kepada seluruh kaula muda khususnya remaja desa Ko'ol untuk tetap mengingat cerita lama dari kakek dan nenek kita akan perjuangan pahlawan2 dari desa kita yang telah banyak mengorbankan segalanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia seutuhnya..

    Kutipan dari Copyright :
    Kepala Desa Ko'ol
    M.Rofik

    BalasHapus
  4. waah.iya bapak.saya tidak menyangka pk desa Ko'ol ada sejarah seperti itu.

    BalasHapus